Sabtu, 26 Desember 2015

Merawat Denyut Negeri Bersama PMI


Harapan kerap hadir di tempat yang tidak disangka, pada waktu yang tidak selalu bisa terduga. Di tengah kemelut perang kemerdekaan, di bawah represi penjajah, sebuah gagasan tentang organisasi sosial kemanusiaan untuk bangsa mencoba diwujudkan. Penolakan hadir berkali-kali, namun  asa tak layak surut. Lewat upaya yang gigih, organisasi itu akhirnya lahir sebagai harapan bangsa akan terpeliharanya nilai-nilai kemanusiaan dan kerelawanan. Tepat sebulan usai proklamasi kemerdekaan, di 17 September 1945, Presiden Soekarno meresmikan kelahiran organisasi penuh harapan tersebut, yang kemudian dinamai Palang Merah Indonesia (PMI). 

Gambar diambil dari sini

Kiprah PMI setelah itu tidak bisa dibilang sepele. PMI berandil besar terhadap penanganan berbagai peristiwa kemanusiaan di negeri ini. PMI berperan penting dalam upaya menjaga denyut negeri ini melalui berbagai aksinya di bidang sosial kemanusiaan. Mulai kiprah saat terjadi peperangan/konflik horizontal hingga kesigapan dalam penanganan berbagai bencana nasional. Dari rangkaian perang kemerdekaan hingga peristiwa Trikora di Irian Barat. Dari pemberontakan RMS hingga operasi kemanusiaan di Dilli. Dari bencana gempa bumi dahsyat di Bengkulu dan Jogjakarta, tsunami di Aceh, banjir di Gorontalo, hingga di banyak tempat lain yang dirundung duka karena bencana, PMI hadir di lini paling depan untuk menyokong aksi kemanusiaan.

Harapan negeri yang kian tumbuh terus dirawat oleh PMI. Sampai sekarang, PMI masih belum berhenti memberi sumbangsih untuk negeri dengan program-programnya yang kian beragam. Perlu menjadi catatan penting, aksi PMI lewat program-programnya tidak hanya berkutat di persoalan pelayanan donor darah saja. Masih ada program-program lain yang sangat berdampak dalam upaya membantu sesama semisal pelayanan ambulans, pelayanan dukungan psikososial, pembinaan relawan, dapur umum di lapangan, pemulihan hubungan keluarga, pengolahan air bersih, serta sosialisasi atau diseminasi kepalangmerahan. 

Gambar diambil dari sini

Program-program yang dicetuskan tadi berangkat dari kondisi negeri kita yang memang sangat rawan terhadap berbagai bencana. Lempengan tektonik yang menyusuri seluruh kepulauan Indonesia menjadikan negeri ini sangat rentan dengan gempa bumi, banjir, tanah longsor, hingga tsunami. Ancaman pemanasan global juga mulai kian terasa dengan munculnya abrasi pantai, air pasang, banjir, naiknya suhu, kebakaran, dan wabah penyakit. Belum lagi, kemajemukan bangsa yang menjadi anugerah bila disalahsikapi juga bisa menjadi potensi konflik horizontal yang mengancam.

Karenanya, keberadaan PMI menjadi sangat penting sebagai organisasi sosial kemanusiaan yang merawat harapan negeri dan terus menjaga denyutnya, agar negeri ini terus berdaya.

Ikut Bergabung

Tugas yang diemban PMI untuk memenuhi harapan dan menjaga denyut negeri ini tentu bukan perkara yang ringan dan remeh. Dibutuhkan kerjasama yang baik dengan semua sektor yang terkait agar tujuan program-program yang ditempuh bisa tercapai  dengan baik. 

Dengan tangan terbuka, dengan kerendahan hati yang dilandasi niat baik, PMI membuka kesempatan kepada semua pihak yang ingin membantu. Siapapun yang ingin berandil dan menyalurkan kepedulian mereka lewat aksi nyata diberi ruang oleh PMI untuk turut serta. Salah satunya, melalui momen BulanDana PMI. Mereka yang ingin berkontribusi dapat memberikan sumbangsih melalui donasi mereka pada momen ini.

Niat baik memang menjadi tak elok bila tidak segera dilaksanakan. Maka mari ikut segera membantu sesama dengan mendonasikan dana kita ke PMI agar semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan kebaikan.

Untuk bantuan dapat ditransfer melalui bank-bank sebagai berikut:

·     Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin. Nomor rekening: 206-38-1794-5 atas  nama PMI DKI  JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

·    Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya. Nomor rekening: 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

 ·    Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda. Nomor rekening: 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

Betapa menyenangkannya mempunyai andil untuk kebaikan sesama. PMI lewat momen Bulan Dana PMI, menyediakan kesempatan untuk menjadi bagian dari kebaikan itu.

Maka mari berdonasi dan ayo peduli bantu sesama!


http://citizen6.liputan6.com/read/2356908/yuk-ikut-lomba-blog-bulan-dana-pmi-berhadiah-total-rp-15-juta





Tidak ada komentar:

Posting Komentar